Rufaidah binti Sa’ad Perawat Muslimah yang Terlupakan - SAHATAonline
Headlines News :
Home » , » Rufaidah binti Sa’ad Perawat Muslimah yang Terlupakan

Rufaidah binti Sa’ad Perawat Muslimah yang Terlupakan

Oleh: Ummu Azizah
Setelah Rasulullah saw menyampaikan risalah Islam banyak tokoh-tokoh islam di bidang ilmu pengetahuan lahir, pada saat itu islam memegang peranan penting di semua bidang ilmu pengetahuan seperti Filsafat, Sains, Astronomi, Matematika dan bahkan di bidang kesehatan seperti Ibnu Qoyyim al-Jauzy, Ibnu Sina , Abu bakar Ibnu Zakariya ar-Razi, Imam Ghazali, Abu Raihan Muhammad al-Biruni.
Dimasa Rasulullah saw terkenal seorang juru perawat yang bernama Rufaidah Binti Sa'ad al- Asalmiya Ummu Attiyah, Dia adalah tokoh muslimah spesialis keperawatan dan pengobatan yang ikut membantu rasulullah saw untuk mengobati kaum muslimin yang terluka,  dan masih banyak lagi tokoh-tokoh ilmu pengetahuan dan keperawatan lainnya baik di jaman rasulullah saw maupun sesudahnya.
Banyak perawat-perawat muslim tidak mengenal Rufaidah binti Sa’ad, mereka lebih mengenal tokoh keperawatan yang berasal dari dunia barat, apabila ditelaah, jauh sebelum agama Islam menyentuh dunia barat, dunia barat saat itu mengalami masa kegelapan dan kebodohan di karenakan kebijakan dari pihak gereja yang lebih banyak menguntungkan mereka, tapi disisi lain di belahan dunia lainnya yaitu Jazirah Arab Islam dibawah panji dan tarbiah Rasulullah saw, ilmu pengetahuan mengalami kemajuan terutama dalam dunia keperawatan. Bukan berarti rasulullah saw menjadi seorang tabib, tapi dalam ajaran Islam yang beliau sampaikan mengandung ajaran dan nilai-nilai kesehatan, seperti pentingnya menjaga kebersihan diri, menjaga kebersihan makanan, mencuci tangan, ibadah puasa, berwudhu dan lain sebagainya.
Rufaidah binti Sa’ad memiliki nama lengkap Rufaidah binti Sa’ad Al Bani Aslam Al-Khazraj yang tinggal di Madinah, dia lahir di Yatsrib dan termasuk kaum Ansar. Ayahnya seorang dokter dan dia mempelajari ilmu keperawatan saat membantu ayahnya. Saat kota Madinah berkembang Rufaidah mengabdikan dirinya merawat kaum muslimin yang sakit dan membangun tenda di luar mesjid Nabawi saat dalam keadaan damai. Pada perang Badar, Uhud, Khandaq, dia menjadi sukarelawan dan merawat korban yang terluka akibat perang. Dia juga mendirikan Rumah Sakit lapangan, sehingga Rasulullah saw memerintahkan agar para korban yang terluka di bantu olehnya.
Rufaidah juga melatih beberapa kelompok wanita untuk menjadi perawat dan saat perang Khaibar mereka meminta ijin kepada Rasulullah saw untuk ikut di garis belakang pertempuran untuk merawat mujahidin yang terluka dan Rasulullah  pun mengijinkannya. Inilah awal mula dunia medis dan dunia keperawatan.
Rufaidah juga memberikan perhatian terhadap aktifitas masyarakat, kepada anak yatim, penderita gangguan jiwa, beliau mempunyai kepribadian yang luhur dan empati sehingga memberikan pelayanan keperawatan kepada pasiennya dengan baik dan teliti. Sentuhan sisi kemanusiaan ini penting bagi seorang perawat, sehingga sisi teknologi dan sisi kemanusiaan jadi seimbang.
Perjalanan singkat dunia keperawatan.
1. Masa penyebaran Islam 570 - 632 M. Pada masa ini keperawatan sejalan dengan perang kaum muslimin / jihad , pada masa inilah Rufaidah binti Sa’ad memberikan kontribusinya kepada dunia keperawatan.
2. Masa setelah Nabi 632 - 1000 M. Masa ini setelah nabi wafat, pada masa ini lebih di dominasi oleh kedokteran dan mulai muncul tokoh-tokoh Islam dalam dunia kedokteran seperti Ibnu Sina ( Avicenna ), Abu bakar ibnu Zakariya ar-Razi ( Ar-Razi ).
3. Masa pertengahan 1000 - 1500 M. Pada masa ini negara-negara arab membangun rumah sakit dengan baik dan mengenalkan perawatan orang sakit, dan di RS tsb dimulai pemisahan antara kamar perawatan laki-laki dan perempuan dan sampai sekarang banyak di ikuti semua RS di seluruh dunia.
4. Masa modern ( 1500 - sekarang ). Pada masa inilah para perawat asing dari dunia barat muncul dan berkembang. Tapi pada masa ini tahun 1960 seorang perawat bidan muslimah bernama Lutfiyyah al-Khateeb mendapatkan Diploma Keperawatan di Kairo.
Jadi, demikianlah sekelumit dunia keperawatan dalam Islam, ilmu pengetahuan sudah dimulai oleh islam terutama dunia kesehatan dan keperawatan.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : KPTS MESIR | Group KPTS
Copyright © 2011. SAHATAonline - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger